Cara Mematikan Autoplay pada Windows XP

Bookmark and Share
Pada posting kali ini SeribuCara akan membahas tentang Cara Mematikan Autoplay pada Windows XP. Autoplay merupakan sebuah fasilitas yang dimiliki oleh sistem operasi berbasis windows. Sebagai gmbaran, ketika anda memasukkan cd kedalam cdroom atau flashdisc dan sejenisnya ke dalam port USB. Maka otomatis windows akan mebaca dengan sendirinya dengan muncul dialog seperti di bawah ini:


Sekarang sudah paham kan yang dimaksud dengan autoplay pada windows xp???
Lalu pertanyannya sekaran, kenapa fasilitas autoplay harus dimatikan? Tidak harus sob, ini terserah keinginan anda. :D
Begini alasannya, fasilitas autoplay ini akan membuat kinerja komputer anda lebih berat ketika windows menjalan autoplay dari device yang anda masukkan. Apa lagi kalau komputer anda memiliki specs yang pas-pasan. Yang sangat riskan adalah apabila device yang anda hubungkan di dalamnya terinveksi virus. Karena sebagian besar virus akan menyebar dengan sendirinya tanpa anda mengklik virus (malware) tersebut. Fasilitas autoplay ini merupakan salah satu jalan bagi penyebaran virus tersebut.

Oke,,, tidak usah terlalu banya cing-cong, langsung saja kita bahas Cara Mematikan Autoplay pada Windows XP. Ikutin langkah di bawah ini:

  1. Klik tombol Start, lalu pilih menu Run, Atau cukup dengan menekan tombol (lambang )windows + R pada keyboard secara bersamaan.
  2. Lalu ketikkan gpedit.msc pada menu open di jendola Run.
  3. Setelah muncul jendela Group Policies, silakan pilih Administratif Templates => System
  4. Cari tulisan Turn Off Autoplay. Double klik lalu pada kotak pilihan (CDROOM, All Drive) pilih All Drive.
  5. Lalu Apply
  6. Selesai
Demikian Cara Mematikan Autoplay pada Windows XP, apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas silakan tinggalkan komentar. Karena ketika sedang mebuat posting ini saya mnggunakan sistem operasi WIndows 7, sehingga saya tidak praktik secara langsung.

{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

koerniawan mengatakan...

Wahhh... bgus bgt nih info nya gan, thanks ya.

btw link agan udah trpsang d blog sya, selahkan d cek , n follow back y gan... hhehehe.. thanks... :)

Posting Komentar